Jenis-jenis Finishing Cover Buku

Proses digital printing, seperti mencetak buku, memiliki beberapa macam finishing. Finishing inilah yang akan membuat proses tampilan buku menjadi lebih sempurna. Simak beberapa jenis finishing yang kerap digunakan saat cetak buku.

Jenis-jenis Finishing Cover Buku

1.  Finishing Buku

Finishing buku merupakan proses menyatukan lembaran-lembaran kertas sehingga membentuk buku dengan sempurna. Jenisnya terdiri dari Perfect Binding, Wire Binding, dan Saddle Stiching.

Perfect Binding

Perfect binding merupakan cara penjilidan menggunakan lem panas. Lembaran kertas akan disayat dengan pisau sehingga lem bisa masuk untuk merekatkan lembaran-lembaran kertas untuk membentuk buku.

Untuk buku yang tebal, akan dipilah terlebih dahulu agar mudah disatukan, lalu dijahit dengan nilon. Lem yang biasa digunakan adalah lem putih, lem panas, dan lem PUR (poly-urethane).  Anda bisa menemukan jenis finishing ini pada majalah, novel, buku tahunan, atau skripsi.

Wire Binding

Wire binding berjenis spiral, baik spiral menggunakan kawat ataupun plastik. Jenis finishing ini banyak digunakan untuk proses percetakan pada buku tahunan, kalender, agenda, atau proposal dengan ukuran yang beragam.

Saddle Stiching

Jenis ini menggunakan jahit kawat—biasa disebut dengan steples. Anda biasa menemukan jenis finishing ini pada buku tulis.

 

2.      Finishing Cover

Cover dengan desain yang menarik akan mempercantik buku. Tak hanya itu, finishing cover juga berperan untuk estetika buku. Terdiri dari Soft Cover, Hard Cover, Laminasi, Emboss, Deboss, dan Foil Polymas.

Soft Cover dan Hard Cover

Anda pasti tak asing dengan finishing soft cover atau hard cover pada sampul buku. Soft cover tidak menggunakan tambahan board melainkan hanya laminasi sebagai pelapisnya. Sementara hard cover ditambah board untuk memberi kesan kokoh.

Laminasi

Ada beberapa jenis laminasi dengan karakteristik yang berbeda.

  • Doff. Laminasi yang terkesan lembut dan kesat.
  • Glossy. Laminasi dengan tampilan licin dan mengkilat.
  • Vernish. Laminasi dengan bahan cairan sehingga memberikan tambilan seperti pelapis berbahan plastik.

Emboss dan Deboss

Finishing cover buku lainnya adalah emboss dan deboss. Keduanya kerap digunakan pada logo atau tulisan. Jika emboss memberi efek menyembul, maka deboss memberi efek mencekung.

Foil Polymas

Sampul buku dengan finishing Foil Polymas memberikan kesan eksklusif dan mahal. Cirinya memberikan kesan mengkilap karena dicetak dengan hot stamping foil machine dengan tampilan warna emas atau silver dengan paduan emboss atau deboss. Foil polymas biasa digunakan untuk kebutuhan undangan, ijazah, sertifikat, atau hardcover.

Categories: General

Tags: