Contact Center: Menciptakan Kepuasan Konsumen

Contact Center: Menciptakan Kepuasan Konsumen

Bukan tugas mudah memang mendapatkan kepercayaan konsumen saat ini. Dengan banyaknya produk atau jasa yang sejenis, bukan tidak mungkin konsumen “kabur” dari Anda. Sebuah survei yang diadakan Bain & Company menyebutkan jika konsumen empat kali berisiko kabur ke kompetitor jika tak merasa puas dengan layanan.

Faktanya dibandingkan dengan masalah produk atau harga, konsumen lebih bisa kabur untuk masalah pelayanan. Maka tak heran jika pelayanan yang tepat dan ramah membuat konsumen lebih loyal.

Salah satu yang berperan penting dalam masalah pelayanan adalah contact center atau customer service. Merekalah yang berkomunikasi langsung dengan konsumen. Jika dilihat dari tugas dan tanggung jawabnya, tergantung dari jenisnya. Contact center setidaknya terdiri dari dua.

  • Contact Center Outbound/Telemarketing, merupakan bagian dari divisi contact center yang menghubungi pelanggan atau calon pelanggan untuk penawaran produk, survei, atau validasi data.
  • Contact Center Inboud, merupakan bagian dari divisi contact center yang dikhususkan untuk menerima panggilan dari pelanggan atau calon pelanggan, baik untuk menanyakan produk atau melakukan keluhan.

Jika dilihat dari jenisnya, maka contact center memiliki banyak tugas dan tanggung jawab. Seperti melakukan penerimaan telepon yang masuk, mendengarkan keluhan, memberikan jawaban dan solusi yang tepat sekaligus menjadi branding bagi perusahaan. Tugas tersebut semuanya dilakukan dengan cara yang ramah, cepat, dan tepat untuk kepuasan pelanggan.

Melihat pentingnya contact center bagi sebuah perusahaan, RDS Group menyediakan jasa layanan contact center, baik untuk kebutuhan outbound ataupun inbound. Lewat jasa contact center, perusahaan akan diuntungkan dalam penghematan tenaga, biaya, dan waktu dalam mengelola branding lewat layanan contact center.

Jasa contact center RDS Group bekerja dengan cara.

  • Customised. Jasa contact center yang disediakan bersifat customized atau menerima berbagai bentuk standardisasi pelayanan disesuaikan dengan keinginan.
  • Terintegrasi dengan layanan yang lain. RDS Group terdiri dari beberapa lini perusahaan. Bukan hanya contact center, tetapi juga layanan data capture. Layanan contact center RDS Group terintegrasi dengan layanan lainnya sehingga klien mendapatkan keuntungan lebih.

Menggunakan berbagai media komunikasi. Pengoperasian contact center bukan hanya lewat telepon, tetapi juga SMS, e-mail, dan fax agar memudahkan komunikasi dengan konsumen.

Categories: General

Tags: